Translate

Selasa, 09 April 2013

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar


Sahabat Semangat Inspirasi, kali ini saya akan memposting sebuah artikel Cara meningkatkan motivasi belajar. Belajar atau menuntut ilmu merupakan kewajiban setiap umat manusia. Olehnya itu, dalam belajar maka kita harus bersungguh-sungguh dan berusaha keras. Namun, semangat dan motivasi belajar atau tekad untuk belajar dengan baik kadang kala sirna. Masalah sepele kadang sangat mempengaruhi motivasi belajar anak.
Kondisi emosional anak yang cenderung masih labil sangat berpengaruh pada motivasi belajarnya. Mereka cenderung berfikir negatif dikala sedang menghadapi kondisi sulit. Masalah kecil akan sangat sangat berpengaruh pada kondisi psikologis anak. Kondisi psikologis yang buruk tentu juga akan berdampaka pada motivasi dan semangat belajar anak. Sehingga mereka akan terdorong bolos sekolah, malas bangun pagi, malas mengerjakan tugas, bahkan mencoba melakaukan atau mencoba sesuatu hal yang dianggap mereka tabu dan dapat menghilangkan masalahnya seperti mengkonsumsi narkoba, ngelem (menghirup lem pox), menyalahgunaaan obat-obatan, dan tindakan lain yang akan mengarah pada prilaku melawan hukum (tindak kriminal).
Nah, sebagai orang tua atau wali siswa sebaiknya memahami betul kondisi psikologis anak. Dengan demikian motivasi belajar anak dapat terkontrol. Berikut ada beberapa cara untuk meningkatkan motivasi belajar yang hilang.
  • Kembali ke Niat Awal, niat yang baik tentunya akan medorong stimulus untuk berbuat baik pula. Begitu pun dengan niat belajar yang baik akan menciptakan semangat belajar yang baik. Sehingga Motivasi belajar akan kembali meningkat dengan jalur dan cara yang baik.
  • Mencoba Variasi belajar, kadang kala seorang akan jenuh pada kondisi pelajaran atau pun motode belajar. Seseorang akan cenderung lebih bosan jika metode belajar yang digunakan itu-itu saja dibandingkan dengan orang yang memiliki berbagai variasi metode belajar. Sehingga jika mengalami kejenuhan terhadap metode belajar tertentu maka salah satu cara meningkatkan atau membangun motivasi belajar sebaiknya mencoba variasi belajar yang baru, atau coba sekali-kali belajar pada alam terbuka, belajar di tengah kesibukan kota, atau mungkin mencoba belajar di tengah jebakan kemacetan lalu lintas.
  • Cara membangun motivasi dan semangat belajar selanjutnya ialah memenuhi sarana penunjang belajar anak. Sarana belajar yang baik dan lengkap akan menciptakan rasa nyaman. hal tersebut akan membuat motivasi belajar anak atau siswa lebih meningkat.
  • Cara motivasi belajar selanjutnya adalah membangun konsep berfikir positif. konsep berfikir positif akan diikuti dengan pola pikir yang meningkat diikuti motivasi, semangat, inspirasi, inovasi dan kreativitas dalam meniptakan sesuatu dan belajar dengan baik.
  • Penuhi harapan atau keinginan si buah hati. Harapan dan keinginan yang tidak tecapai kadang kala sangat mempengaruhi kondisi psikologis anak. Hal ini akan menimbulkan stres yang belebihan dan menurunkan motivasi belajarnya. Jadi agar motivasi belajar anak tidak kendor, sebisa mungkin penuhi keinginannya, apalagi terhadap hal yeng menyangkut pelajarannya. Namun jika belum dapat dipenuhi beri motivasi yang membangun semangatnya untuk berbuat lebih baik atau tetap belajar tekun. Paling penting beri penjelasan terkait kondisi sehingga keinginannya belum bisa dipenuhi, terbuka lebih nikmat!
  • Selalu beri dorongan. dorongan, pertimbangan, masukan dan doa orang tua sangatlah manjur untuk menumbuhkan kembali motivasi belajar anak yang hilang atau sedang menurun.
  • Sekali-kali tanyakan terkait kondisi pelajarannya. Hal ini dimaksudkan sebagai kontrol agar anak tetap berada pada jalan yang tepat agar motivasi dan semagat belajarnya tetap terjaga. Anak kurang mendapat kontrol dari orang tua kadang kala merasa disisihkan, tidak diperhatikan, diterlantarkan, tidak di sayang dan diacuhkan sehingga mempengaruhi motivasi belajarnya. Kadang kala ada masalah yang mereka hadapi yang sulit untuk dia katakan. Jadi orang tua hrus lebuh proaktif.
Sahabat semangat inspirasi, sebenarnya masih banyak cara untuk meningkatkan motivasi belajar yang ingin saya share kepada sahabat. Namun waktu kurang memungkinkan jadi cara meningkatkan motivasi belajar cukup sampai di sini dulu ya. Semoga cara meningkatkan semangat dan motivasi belajar ini dapat meningkatkan motivasi belajar sahabat, agar sahabat semangat inspirasi lebih semangat, rajin, dan tekun belajar. 

Tidak ada komentar: